728 x 90

Memilih Menantu Ala Umar Bin Khattab

Memilih Menantu Ala Umar Bin Khattab
Memilih Menantu Ala Umar Bin Khattab

Di suatu malam Khalifah Umar Bin Khattab melakukan “blusukan” dengan ditemani ajudannya. Di tengah-tengah blusukan tersebut, Umar merasa lelah sehingga memutuskan untuk beristirahat. Saat Khalifah dan ajudannya beristirahat, ia tidak sengaja mendengar percakapan antara ibu dan anak gadisnya.

“Wahai anakku, oploslah susu yang kamu perah tadi dengan air”, perintah seorang ibu. Lalu si gadis menolak perintah ibunya dengan mengatakan, “Apakah ibu tidak pernah mendengar perintah amirul mukminin, Umar Bin Khattab kepada rakyatnya untuk tidak menjual susu yang dicampur air?”. “iya, ibu pernah mendengar perintah tersebut”, jawab sang ibu.

Kemudian ibunya berkilah, “mana khalifah? Apakah dia melihat kita? Ayolah anakku, laksanakan perintah ibumu ini!”. Gadis itu menjawab, ‘wahai ibu, dia tidak melihat kita, tapi Rabb-nya melihat kita, dan demi Allah saya tidak akan melakukan perbuatan yang dilarang Allah dan melanggar seruan Khalifah Umar untuk selama-lamanya”,

Gadis tersebut menolak dengan yakin dan tegas. Mendengar percakapan gadis dengan ibunya tersebut, Umar dan ajudannya langsung pulang.

Sesampainya di rumah, Umar bercerita tentang pengalamannya tadi malam dan meminta putranya, ‘Ashim Bin Umar untuk menikahi gadis yang shalihah tersebut.

Ashim pun menikah dengan perempuan tersebut, yang kemudian lahirlah Laila. Laila inilah ibunda dari Umar Bin Abdul Aziz, seorang Khalifah yang terkenal sangat adil, zuhud, dan bijaksana.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

@mqfmbandung

MQFM On Youtube


Jadwal Sholat



Sponsorship


?>